Minggu, 03 Oktober 2010

Bagaimana Menciptakan Suasana Belajar yang nyaman di kelas

Banyak sekali problematika yang dihadapai oleh pihak sekolah dan murid-murid untuk dapat belajar secara lebih efektif dan efisien. Dan ternyata situasi yang tidak kondusif tersebut justru disebabkan atau ditimbulkan oleh lemahnya pemahaman dan pengetahuan dari para pendidik di sekolah tentang bagaimana cara menciptakan situasi yang nyaman dalam proses pembelajaran di Sekolah.

Melihat dari situasi diatas memang tidak bisa kita menyalahkan para guru, kepala sekolah maupun murid-murid itu sendiri. Pemerintah juga punya peran penting terhadap situasi yang memang masih banyak sekali kita jumpai di institusi pendidikan di negara kita khususnya di Batam.

Salah satunya adalah para guru dan pendidik yang ditugaskan dalam proses pembelajaran tidak memiliki kompetensi terhadap mata pelajaran yang diajarkanya sehingga tidak mampu menyuguhkan materi secara jelas, apalagi ditambah dengan metode penyampaian yang tidak menarik maka lengkaplah situasi pembelajaran yang bukan saja tidak efektif bahkan akan cenderung membosankan dan membuat murid-murid menjadi malas belajar dikelas.

Untuk mengatasi kesulitan2 tersebut diatas memang tidak semudah mengucapkannya namun bukan berarti tidak bisa menciptakan situasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mencapai situasi pembelajaran seperti yang dimaksud diatas, antara lain adalah :

1. Guru atau Pendidik harus memiliki kompetensi terhadap disiplin ilmu yang diajarkan kepada murid-muridnya.
2. Guru harus menguasai materi yang akan diajarkannya.
3. Guru harus memiliki berbagai strategi dan media yang menyenangkan.
4. Guru memiliki parameter yang jelas dalam mengevaluasi tingkat pemahaman murid-muridnya.
5. Murid-murid harus di kondisikan agar mentalnya siap untuk belajar.
6. Murid-murid harus di kondisikan agar selalu ceria dalam proses pembelajaran.
7. Menggunakan media pembelajaran yang disepakati bersama antara guru dan murid.
8. Menciptakan suasa pembelajaran yang menyenangkan atas kesepakan dengan murid-muridnya.
9. Selalu membangun komunikasi yang indah antara pendidik dan peserta didik.

1 komentar: